Beranda > Kesehatan > 8 Cara Kreatif Stop Kecanduan Rokok

8 Cara Kreatif Stop Kecanduan Rokok

KOMPAS.com – Berhenti merokok bukan perkara mudah. Coba saja tanya pada mereka para pecandu. Yohanes Mellencamp, bintang rock berusia 58, adalah satu sosok yang merasakan betapa sulitnya melepaskan diri dari cengkaraman tembakau.

Ia pernah terkena serangan jantung pada 1994, tetapi masih tetap saja merokok. Putranya yang berusia 14 tahun, Speck, bahkan harus menggalang dukungan di situs jejaring sosial Facebook bertajuk “1.000.000 dukungan buat Mellencamp untuk menghentikan kebiasaan merokoknya”.

Jika dukungan itu mencapai satu juta, Mellencamp berjanji akan melupakan rokok seumur hidupnya. Hingga Januari 2010, hampir 290.000 facebookers telah menyatakan dukungan dan suatu hari angka satu juta mungkin akan tercapai.

Anda tentu tak perlu menjadi bintang rock dulu untuk menemukan cara kreatif menghentikan rokok. Inilah beberapa cara kreatif berdasarkan pengalaman para eks-perokok di Amerika Serikat yang berhasil mengakhiri kebiasaan buruknya :

1. Mengubur rokok
“Aku pernah membungkus beberapa pak rokok dalam sebuah tas plastik dan menguburnya di suatu pot bunga di belakang rumah. Ketika saya harus menggalinya lagi, peraslah rokok itu dan dan kubur lagi kemasan rokok itu setiap kali saya ingin merokok. Itulah pengalaman 18 -tahun yang lalu!” — Pat Owens, Valley Stream, NY.

2. Bertaruh demi hadiah
“Saya berhenti merokok pada Februari 2002. Teman saya bertaruh bahwa saya tak bisa meninggalkan rokok dan saya memerima taruhan itu. Taruhannya adalah saya harus puasa merokok selama bulan dan jika sanggup, saya ditraktir makan steak di di Brooklyn. Kisah lucunya adalah, butuh waktu lama untuk mendapat traktiran itu, bahkan sampai sembilan bulan!” — Eric Katzman, Queens, NY.

3. Membayar denda
“Dua dari sahabat saya setuju untuk berhenti merokok atau membayar orang lain 1.000 dollar jika mereka tidak bisa. Jujurlah, kompetitif, dan bangkrut, itu akan berhasil! Sejak saat itu, tak satu pun dari dua sahabat saya yang merokok,” ungkap Mikropon P., Newport, RI.

4. Bunuh kecanduan
“Sepupuku sudah merokok selama 20 tahun. Dia berhenti dengan cara yang unik. Ia awalnya makan biskuit Milkbone untuk anjing! Dia mengunyahnya untuk membunuh kecandan dan dia berhenti.” — Chris T., New York, NY.

5. Buat perjanjian
“Sebagai kompensasi atas mahalnya biaya menghentikan kebiasaan membeli rokok tiap hari, saya buat perjanjian dengan diri bahwa saya akan bebas kapan saja untuk membeli karcis lotere, tanpa merasa bersalah. Sejak saat itu, saya belum pernah merokok lagi selama 25 tahun lamanya, dan merasa nyaman untuk mengatakan saya tidak pernah akan melakukannya. Saya ingin katakan bahwa di antara salah satu karcis lotere itu berhadiah sejuta dolar, tetapi itu tidak pernah terjadi — paling tidak belum!” —Liz Rubin, Potomac Utara, Milidarcy.

6. Minum ramuan baking soda
“Saya membaca sebuah artikel di surat kabar mengutip seorang dokter yang ingin berhenti merokok. Campurlah sesendok makan baking soda dengan segelas air dan lalu minumanlah dua kali sehari untuk seminggu pertama. Lalu sekali sehari untuk seminggu kedua. Saya tadinya merokok satu pak atau sekitar 30 batang rokok sehari. Saya minum dua gelas pada hari Minggu dan Senin. Rasayanya seperti Alka-Seltzer (semacam vitamin c). Pada Minggu dan Senin, saya mengisap dua batang rokok. Pada Selasa saya hanya mengisap sebatang rokok dan lalu berhenti sama sekali. Saya teruskan ramuan baking soda itu sampai seminggu. Saya bahkan tak berpikir untuk meneruskannya hingga minggu kedua. Saya sudah berhenti rokok selama 20 tahun.” *—Joanne Fanizza, Farmingdale, NY.

7. Menghipnotis diri sendiri
“Saya adalah psikolog di New Jersey. Pada 1976 lalu, saya sudah meraih gelar doktor, menjalani pelatihan hipnosis, dan mengisap sebungkus rokok setiap hari. Pada pesta Tahun Baru, seorang teman meminta saya menunjukkan ketrampilan hipnosis saya agar bisa membantunya berhenti merokok. Kami menghabiskan waktu sekitar satu jam, di mana dia dalam kondisi tak sadar. Sepekan kemudian, teman saya berbicara di telepon, dan dia sedang merokok. Di saat itu saya tersadar kalau saya tidak merokok selama minggu terakhir. Saya telah menghipnotis diri saya! Sekali dua kali keinginan merokok pernah muncul lagi, tapi sekarang saya bahkan tak pernah memiikirkannya lagi; Saya tak pernah lagi mengisap rokok lebih dari 30 tahun.” —Sheila Sidney Bender, PhD, Florham Park, NJ.

8. Mulailah dari yang kecil
” Saya buat perjanjian dengan diri saya, maka saya bisa berhenti. Saya tak bisa mengisap sebatang rokok seminggu jika langsung menghentikan kebiasaan merokok sebungkus. Musim panas lalu, saya hanya yang mengisap dua batang rokok dan selama musim gugur, saya tak merokok sama sekali. Saya kira, sudah selesai!” —Kevin Gerard Kilpatrick, San Diego,

sumber: kompas.com

Kategori:Kesehatan Tag:, ,
  1. 13 Maret, 2013 pukul 1:03 pm

    Hi Todd I’m new to the blog site and have definitely enjoyed reading it. I used to be at the show previous night in AC and it totally KILLED!! Thank you!! Thanks!! Thank you!!

  2. 22 April, 2013 pukul 11:30 pm

    shouldn’t data go to the bundle in the applicaton ? that way each time the applciation is copied the data is inside?

  3. 23 April, 2013 pukul 2:52 pm

    Pisac energičan odgovoriti nažalost pripadati faktori.
    Sa mnom sanjati polomljen telefon putovanje pravovremeno.

    Sanovnik sanjati bivseg decka uzeti plitku sanjarica net privacy.
    Karta odbojan bez štita neočekivano činiti ćete.
    Ništa sanovnik sanjati plakati izborni čak.Sanovnik femina odrediti
    točno električni sanjati bivseg decka.

  4. 2 Mei, 2013 pukul 10:31 pm

    The treatment depends just what the people wants. The two choices suitable.

    As in my view the agency charges much additional to the designing compare to free
    lancers.

  5. 3 Mei, 2013 pukul 4:55 am

    I had group b strep with my next daughter and was offered the
    antibiotics through shipping and delivery and anything was great.
    I have it once again now with my 4th child and that i haven’t any concerns about it my midwives took good care of me last time and that i have complete religion in my midwives to take care of me all over again.

  6. 14 Mei, 2013 pukul 9:52 am

    Players are totally no cost to make a decision on
    in the large amount more than 40 champions to take full advantage
    of which enables it to customize them by the use of masteries, runes and summoner capabilities to supplemental enhance the champions individual hold out design and style (or perhaps the sport fanatics favored model).
    Upon glimpsing his fearful visage, most hold their distance, fortuitously unaware
    that his touch bears a sinister scourge. Grandmaster
    Pat Burleson was educating a instead wise mouthed
    student some approach plus the scholar seemed to be performing like he did not really want to learn
    his method from this ‘old man’ who just occurred to become the very first International Karate Winner in the Environment.

  7. 17 Desember, 2013 pukul 3:28 pm

    Your style is so unique compared to other people I’ve read stuff from.
    Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just bookmark this web site.

  8. 16 Agustus, 2014 pukul 10:58 pm

    Link exchange is nothing else however it is just placing the other person’s webpage link on your page at proper place and other
    person will also do similar in support of you.

  9. 8 September, 2014 pukul 8:58 am

    คำทักทายจาก ฟลอริด้า !
    ฉัน เบื่อ ที่ทำงาน ดังนั้นฉัน ตัดสินใจที่จะ ตรวจสอบ เรียกดู เว็บไซต์
    ของคุณ บน iphone ของ ฉันในช่วง พักกลางวัน ผม สนุกกับการ รัก ข้อมูล คุณ ให้ ที่นี่ และไม่สามารถรอ
    ที่จะดู เมื่อ ฉันได้รับบ้าน ฉัน ตกใจ ประหลาดใจ ประหลาดใจ ที่วิธี ที่รวดเร็ว รวดเร็ว บล็อกของคุณ โหลดใน
    มือถือ ของฉัน .. ผมไม่ได้ ใช้ WIFI, 3G
    เพียง .. Anyways น่ากลัว น่า บล็อก

  10. 8 September, 2014 pukul 1:38 pm

    วานนี้ โพสต์ เป็น ดี , น้องสาว ของฉัน คือการวิเคราะห์ ดังกล่าว เหล่านี้ จึง ฉันจะ บอก ถ่ายทอด
    เธอ .

  11. 9 September, 2014 pukul 12:50 am

    There’s clinton era laws that mandate the u.s.
    government has to have access at any time for ‘national security
    purposes’.

  12. 9 September, 2014 pukul 3:05 am

    ดี ข้อมูล โชคดีที่ ฉัน ฉันมาข้าม บล็อกของคุณ โดยบังเอิญ ( Stumbleupon )
    ฉัน บันทึกเป็น ที่ชื่นชอบ ภายหลัง !

  13. 9 September, 2014 pukul 2:17 pm

    ฉัน เสมอ ทุกครั้งที่
    ใช้ในการ อ่าน วรรค ใน
    เอกสารข่าว แต่ตอนนี้ ที่ผม ของผู้ใช้ อินเทอร์เน็ต เว็บ ดังนั้น
    จากนี้ ผมใช้ สุทธิ กระทู้ ขอบคุณ ไปยังเว็บ .

  14. 9 September, 2014 pukul 8:04 pm

    ว้าว เหลือเชื่อ !
    บล็อกนี้ ดูเหมือน ว่า เช่น เดียวกับ คนเก่า
    ของฉัน มันอยู่ใน ทั้งหมด หัวข้อ
    ที่แตกต่างกัน แต่มันก็มี สวยมาก แบบ เหมือนกันและการออกแบบ มาก ทางเลือกของ สี

  15. 10 September, 2014 pukul 1:36 am

    Hi, i feel that i saw you visited my web site thus i came to go back the
    desire?.I am attempting to to find things to improve my site!I assume its ok to use some of your ideas!!

  16. 11 September, 2014 pukul 12:20 pm

    Wow, awesome weblog format! How lengthy have you
    been running a blog for? you made running a blog glance
    easy. The overall look of your website is excellent, let
    alone the content!

  17. 13 September, 2014 pukul 9:40 am

    of course like your web site but you need to check the spelling on quite a few
    of your posts. Several of them are rife with spelling issues and I
    to find it very troublesome to tell the reality nevertheless I’ll
    surely come again again.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

